cara membuat pasir kinetik
Artikel,  Featured Posts,  Homeschooling

Cara Membuat Pasir Kinetik Mudah dan Cepat

Cara membuat pasir kinetik gimana mih ? Koko mau cari di internet ya”

Beberapa hari ini koko heboh mencari informasi mengenai pasir kinetik. Pasir kinetik ini sedang viral akhir akhir ini. Pas nih, bisa menjadi project koko di rumah.

cara membuat pasir kinetik

Sejak pandemi enam bulan lalu, kegiatan koko menjadi lebih terbatas. Sebagian besar aktifitas dilakukan di rumah. Playdate bertemu teman teman homeschooling berhenti dahulu selama covid ini. Begitu juga wall climbing dan kegiatan offline lainnya. Terkadang memang membosankan, tetapi kami percaya ini adalah yang terbaik untuk kita semua. Menjaga jarak dan mematuhi protokoler kesehatan ketika keluar rumah merupakan usaha terbaik untuk kebaikan kita semua.

Pasir Kinetik

Pasir kinetik atau pasir ajaib merupakan mainan yang seru dan menyenangkan. Bentuknya kenyal, padat dan mudah dibentuk. Selain itu, bermain pasir ini aman tidak membuat rumah menjadi kotor. Mainan pasir kibetik mulai bisa dimainkan anak anak usia 3 tahun keatas.

Manfaat Membuat Pasir Kinetik

Bermain pasir kinetik ini memiliki manfaat yang baik untuk anak-anak, diantaranya yaitu :

1. Melatih Motorik Halus

Motorik halus anak sedari dini harus kita latih sehingga berkembang secara optimal. Bermain pasir kinetik bisa melatih motorik halus anak. Kita bisa bermain dengan membentuknya menjadi beragam bentuk sesuai dengan cetakannya. Selain itu bisa menjadi bahan masak masakan, membangun kota dan lain lain. Selama bermain, anak anak menekan, membentuk pasir kinetik sehingga motorik halusnya mendapatkan stimulus.

2. Melatih Kreatifitas

Sebaiknya kreatifitas anak selama tidak membahayakan dirinya biarkan saja, tidak perlu kita melarangnya. Hal tersebut dapat melatih imajinasi dan kreatifitasnya. Bermain pasir kinetik membuat anak anak bermain hal yang bermanfaat, melatih nalar dan daya imajinasinya..

3. Melatih Kemampuan Bekerjasama

Bermain pasir kinetik akan membuat anak belajar bekerjasama dengan teman temannya. Belajar berbagi dan aktifitas sosial positif lainnya.

4. Sarana Belajar Anak

Kita dapat membuat beragam bentuk dari pasir kinetik termasuk huruf dan angka. Selain untuk belajar mengenal angka dan huruf, kita dapat menggunakannya untuk belajar matematika sederhana. Matematika sederhana ini seperti penjumlahan dan penguranga

Bahan & Cara Membuat Pasir Kinetik

Kita bisa membeli pasir kinetik di toko offline maupun online. Membuat sendiri pasir kinetik tentu menyenangkan dan lebih hemat. Saat ini kata hemat sering membuat mata saya berbinar bahagia, haha.
Membuat pasir kinetik ini cukup mudah, dan bisa menggunakan bahan bahan yang ada di sekitar kita.

Bahan Membuat Pasir Kinetik

1. Tiga cangkir tepung maizena
2. Satu setengah cangkir air
3.  Enam cangkir pasir bersih dan Halus
4. Pewangi seperti ekstra lemon atau vanilla (opsional)
5. Pewarna makanan cair (opsional)

Kita dapat mencari bahan bahan tersebut di warung dekat rumah atau supermarket. Kita bisa mencari di lemari rumah sebelum belanja bahan bahan untuk membuat pasir kinetik. Khusus untuk pasirnya, kita bisa mendapatkannya ketika berlibur ke pantai, atau membelinya di toko online. Apalagi sedang pandemi seperti saat ini, sebaiknya belanja online saja dahulu. Tinggal duduk manis, trin

Cara Membuat Pasir Kinetik

Ketika membuat pasir kinetik, pertama-tama memasukkan 1.5 cangkir air ke dalam wadah besar. Kemudian kita bisa memasukkan pewangi seperti ekstra lemon dan pewarna makanan. Jangan lupa kita aduk rata.

Kemudian kita menambahkan tepung maizena pada larutan air, pewarna makanan serta pewangi yang telah tercampur rata.
Aduk secara merata agar tepungnya tidak membentuk gumpalan-gumpalan kasar pada air.

Cara membuat pasir kinetik juga bisa menggunakan bahan tepung dengan baby oil maupun dengan minyak sayur.

Nah mudah bukan teman teman?
Jika sudah mengetahui caranya, mau membeli atau membuatnya sendiri di rumah ?

Sharing yuks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *