Aktivitas seru di bulan puasa
Featured Posts,  Tips Parenting

5 Aktivitas Seru Untuk Anak di Bulan Puasa

Dear teman, bagaimana kabarnya? Tak terasa bulan puasa tinggal sebentar lagi. Teman, sudah ada rencana kegiatan apa saja bersama anak untuk mengisi waktu di bulan puasa ?

Bulan puasa adalah bulan mulia bagi orang muslim. Bulan tempat belajar mengendalikan hawa nafsu dan menebar banyak kebaikan. Di bulan puasa ini umat Islam berpuasa tidak makan dan minum dari sejak subuh hingga magrib. Biasanya orang tua mengenalkan puasa pada anak anak dan mengajaknya berpuasa sejak usia 6 tahun. 

Bulan puasa ini akan merubah kebiasaan anak anak seperti bangun menjadi lebih pagi karena mengikuti sahur, menahan kantuk untuk tidak tidur setelah subuh, rasa lapar dan haus selama puasa sementara kegiatan belajar online tetap harus berjalan.

Seperti koko, selama pandemi semua kegiatannya berubah menjadi online, tak ada pertemuan atau playdate homeschooling. Sebagian besar menghabiskan waktunya di rumah. Belajar online baik reguler atau insidentil menggunakan gadget. Awalnya mengggunakan handphone, tapi mengingat sering membuat panas handphone ibunya, berubah di laptop. Lumayan membuat hp tetap sehat, hihi. Danselama bulan puasa, aktivitas rutinnya tidak berubah dan tidak ada libur, berjalan seperti biasanya hanya waktu belajar onlinenya berkurang.

Aktivitas seru di bulan puasa

Puasa Bagi Anak

Godaan paling besar untuk anak anak ketika bulan puasa adalah rasa kantuk setelah shalat subuh serta rasa lapar dan haus terutama menjelang sore mendekati waktu buka puasa. Kita sebagai orang tuanya bisa mensiasatinya dengan mengajak anak berkegiatan bersama selain belajar online yang menjadi kegiatan rutin anak tiap hari.

Aktivitas Seru Anak di Bulan Puasa

Selama bulan puasa anak anak bisa melakukan beragam hal yang menyenangkan sehingga mengurangi fokus anak anak pada rasa lapar dan haus selama bulan puasa.

1. Olahraga Pagi

Setelah subuh sebaiknya anak anak tidak tidur lagi kecuali ada hal hal lain. Kenapa ? karena setelah subuh metabolisme tubuh mulai bekerja. Jika tidur lagi, metabolisme tubuh akan terganggu dan akan mengganggu kesehatan serta semangat beraktivitas.

Setelah shalat subuh, anak anak bisa melanjutkan dengan mengaji kemudian olahraga pagi. Olahraga yang sederhana saja seperti jalan pagi di sekitar rumah, bersepeda atau olahraga senan di rumah. Badan menjadi segar dan rasa kantuk pun hilang.

2. Kegiatan Pesantren Kilat Online

Selama bulan puasa, ada beragam komunitas atau lembaga yang mengadakan kegiatan ramadhan bersama. Biasanya anak anak mengikuti pesantren kilat atau sanlat, tapi karena pandemi berubah menjadi pesantren kilat online. Ada beragam hal yang bisa anak anak pelajari di pesantren kilat online ini seperti mengenal Islam lebih dekat dengan cara yang menyenangkan, challange kegiatan ramadhan serta bisa bertemu teman teman baru secara virtual. Mengasikkan bukan?

3. Melakukan Aktivitas Kebaikan

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Kita bisa mengajarkan kegiatan baik pada anak anak kita. Aktivitas kebaikan ini bisa dilakukan bersama orang tua dan anggota keluarga di rumah. Aktivitas kebaikan ini bisa berupa mengaji bersama, beramal, memberi hantaran pada tetangga atau kegiatan berbagi takjil atau makanan di jalan. Hal ini bisa melatih kepekaan sosial anak serta mengajarkan nilai nilai Islam yang indah.

4. Bermain Boardgames 

Boardgames adalah permainan papan yang melibatkan beberapa orang. Permainan boardgames ini seperti congklak, halma, ular tangga, monopoli, dan sekarang yang digemari anak anak adalah kartu Uno.

Selain itu anak anak bisa bermain boardgames bertema Islam seperti ular tangga muslim, yang bisa mengenalkan anak anak ajaran Islam dengan cara sederhana dan menyenangkan.

Permainan boardgames ini memiliki banyak manfaat, selain mengasah kemampuan berpikir juga melatih kemampuan sosial anak anak karena di dalamnya ada interaksi langsung dengan teman mainnya dan belajar menerima kemenangan serta kekalahan secara sportif. 

5. Bermain Game

Saat ini bermain game cukup mudah dilakukan. Cukup ada gawai, bisa deh bermain. Kami termasuk keluarga yang membolehkan anak anak bermain game dengan aturan. Yup, menurut kami game ini seperti pisau, ada bahayanya sehingga kami menerapkan beberapa aturan untuk koko dalam bermain games. Jika melanggar ada konsekuensi yang harus diterima, seperti jam bermain game dikurangi.

 Di bulan puasa, kami pun membolehkan koko bermain games. Games di Google Play itu beragam, dan kita bisa memilih games yang ramah anak. Ada juga game bertema Islam di playstore, kita bisa mengunduhnya baik gratis atau berbayar.

Game tema ramadhan di google play

Game Roblox

Koko saat ini sedang menyukai game roblox. Roblox merupakan platform permainan online dan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan anak anak yang mengunduhnya dapat memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain. Disini gamers bisa mendesign banyak hal seperti alur cerita. 

Game roblox

Di google play kita bisa memilih game berbayar. Saya pribadi melakukan pembayaran di Google Play menggunakan GoPay. Alasannya adalah, mudah dan simpel juga ada banyak promosi menarik. Cukup dengan satu aplikasi bisa melakukan beragam hal, dari mulai pesan ojek online, pesan makanan, belanja dan melakukan beragam pembayaran termasuk voucher game. Ada banyak promosi voucher game menarik. Voucher ini bisa menjadi reward untuk anak anak. Untuk memudahkan pembayaran di Google Play dengan GoPay, kita bisa mendaftarkan GoPay di metoda pembayaran Google Store.

Membayar google play dengan gopay

Koko mendaftar menjadi member premium Roblox dengan melakukan pembayaran di Google Play dengan GoPay. Tinggal klak klik klak klik, selesai. Tapi jangan lupa ya teman, saldo Gopaynya harus terisi. 

Daftar roblox premium

Bayar roblox dengan gopay

Kita sebagai orang tua tentu saja harus mengawasi anak anak dalam bermain games. Untuk anak anak yang lebih besar, kita bisa memberikan kepercayaan untuk memilih permainan yang mereka suka kemudian mendiskusikannya dengan kita orang tuanya.

Teman teman sendiri bagaimana? Apakah membolehkan anaknya bermain game? Kegiatan apa saja yang telah direncanakan untuk mengisi waktu luang anak di bulan puasa ini?

Sharing yuk 

 

 

12 Comments

  • Dian

    wah iya, seru banget aktivitas yang ditulis disini
    mau aq contek ah, biar anak anak bisa punya aktivitas seru saat Ramadhan, jadi makin semangat puasanya

  • lendyagasshi

    Sama banget sama anakku niih…hihii~
    Hobinya ngajakin mama main Roblox.
    Dan aku uda bisa beberapa main gamesnya yang tanpa resiko, hehehe…no monster, no jahat-jahat.
    Cuma ngumpulin money, madu or something like that.

  • Efi Fitriyyah

    Jadi inget masa kecil dulu kalau abis kuliah subuh suka jalan-jalan cari udara pagi. Kadang maen monopoli atau congklak sama kakak atau adik. Atau baca komik jadul itu lho hahaha
    Sekarang malah kalau abis subuh aku bawaannya ngantuk dan pengen tarik selimut lagi 😀

  • Echaimutenan

    Menjelang buka anakky kukasih hape biar nonton yutub daripada guling2 lemes laper gt 😂😂😂
    Lucu emang liat anak2 puasa seruuu. Semoga lancar 1 bulan puasaaa

    Di sini sibuk ramadan soale dari sekolah ada kegiatan gt mak tiap hari

  • Bambang Irwanto

    Selain game, 4 aktivitas di atas selalu saya lakukan pas waktu kecil, Mbak. Mulai usai salat subuh, langsung jalan-jalan pagi bersama teman. Lalu pas sudah libur sekolah, ada pesantren kilat di masjid. Sering bawa kur berbuka di masjid. Dan.. main ludo, halma, ular tangga dan monopoli.

  • hani

    Aku pernah baca tentang seorang Mama yg anaknya hobi banget game Roblox. Tapi kayak didukung gitu.
    Aku baru tahu nih tentang game Roblox ini. Ternyata ada strategi segala dan bisa bikin alur cerita sendiri toh…
    Jadi penasaran deh…

  • Fenni Bungsu

    Aktivitas seru daku sama Ponakan main dan tebak-tebakan sih di ramadhan ini, biar nambah pengetahuan dia juga dan SemangatCiee puasanya hehe

  • Heizyi

    Nah, kalau sol game gak usah ditanya lagi. Pasti gak kelupaan. Tapi yang bikin seru tuh ya pondok romadhon virtual. Walau pandemi tetap ada kegiatan khas dibulan ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *