Anak belajar memasak bersama cookpad
Artikel,  Catatan,  Ceritaku,  Featured Posts,  Homeschooling,  Review

Mudahnya Anak Belajar Memasak Bersama Cookpad

Dear teman, bagaimana kabarnya?
Sudah satu bulan sosial distancing, kita di rumah saja dulu, tetap semangat tetap bersabar dan bertahan ya teman. Semoga pendemi ini segera berlalu. Dengan adanya sosial distancing, kami sekeluarga mengalami perubahan kegiatan, termasuk anak kami koko. Kegiatan homeschooling yang dilakukan seperti pertemuan dan belajar bersama teman teman komunitas, kegiatan hobi seperti wall climbing, dan segala kegiatan di luar rumah berhenti dulu. Sedih ? tentu saja, tapi setelah ngobrol bareng dan berusaha memberikan informasi keadaan saat ini, koko berusaha mengerti.
Ajak Anak Belajar Memasak Yuk

Walau di rumah saja, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah, salah satunya belajar memasak. Mengajarkan memasak pada anak anak baik laki laki atau perempuan memiliki beragam manfaat.

Manfaat mengajarkannn memasak pada anak adalah :

  1. Dapat melatih sensorik dan motorik anak
  2. Menambah pengetahuan dan kreatifitas anak
  3. Meningkatkan kepercayaan diri anak
  4. Belajar menerima kegagalan
  5. Bisa menambah kedekatan antar keluarga
Koko memang laki laki tapi dari sejak umur delapan tahun sudah kami perkenalkan dengan kegiatan dapur, tidak hanya memasak tapi juga mencuci peralatan serta merapihkannya kembali, dimulai dari hal yang paling sederhana. Untuk yang sekiranya berbahaya seperti berkaitan dengan kompor dan pisau, kami mendampinginya.
Kenapa kami mengenalkan dapur pada koko? Menurut kami, laki laki juga harus bisa memasak walau passionnya bukan memasak. Koko sendiri cita citanya pembuat game, jauh dari yang namanya dapur hihi. Pada waktunya mereka akan tumbuh dewasa kemudian menjadi suami dan seorang ayah. Tak selamanya kita bisa beli masakan di luar, atau ada yang memasakkan, maka penting adanya anak laki laki pun harus bisa memasak. Minimal masak menu sederhana, seperti olahan telur.
Koko mulai tertarik memasak, berawal dari dadar telur. Pada suatu hari, ketika makan dadar telur buatan emaknya dia sedikit berbisik pada saya. Menurutnya dadar telur buatan emaknya kurang gurih, jadi dia ingin membuat sendiri. Disitu saya antara senang dan sebal hihi. Akhirnya saya ijinkan dia membuat telur dadar sendiri, dari mencampur telur dan bumbu sampai menggorengnya. Setelah matang, koko makan dengan lahapnya.
Setelah itu koko mulai suka lihat master cheff dan mulai minta menu masakan yang dia mau. Menu di rumah biasanya masakan Indonesia, karena suka meelihat master cheff atau membaca buku, koko suka minta menu yang saya sendiri belum pernah masak. Edisi anak jaman sekarang, emaknya tidak tahu resepnya, dia mencari di google dan play store jika ingin membuat sesuatu, termasuk menu masakan. Ketika pencarian tersebut cookpad sering ada pada rating teratas sehingga koko penasaran dan ijin untuk mendownloadnya.
Di Cookpad, ada dua macam keanggotaan, gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, per bulan Rp. 20.000. Kelebihan menjadi anggota cookpad berbayar adalah bisa mendapatkan resep resep yang sudah teruji dan anti gagal.
Memasak Kerak Telur Bersama Anak
 
Kami akhirnya memutuskan ikut keanggotan Cookpad Premium. Untuk pemula seperti koko, resep yang sudah teruji cukup penting, sehingga dia bisa tahu rasa asli menu, yang mungkin kedepannya bisa memodifikasi menu. Sementara ini, di usianya sekarang yang 11 tahun mau masuk dapur saja sudah membuat kami orang tuanya senang. Apalagi di masa pandemi ini, kegiatannya memegang gadget jadi lebih bermanfaat.
Sejak terdaftar menjadi anggota Cookpad Premium, koko berselancar beragam menu masakan yang dia suka, seperti salad, kerak telor, es cream dan lain lain. Memasaknya sendiri atau didampingi kami orang tuanya. Masak bersama itu menyenangkan dan memperkuat kebersamaan kami. Kadang diselingi tawa karena memasak sambil bercanda atau tebak tebakan.
Serunya Memasak Bersama Keluarga
 
Kami melakukan pembayaran Cookpad Premium menggunakan GoPay. Yup, sekarang pembayaran aplikasi berbayar di play store seperti Cookpad Premium, bisa menggunakan GoPay dari Gojek. Teman teman sudah mengetahui aplikasi Gojek? Tentunya sudah banyak yang mengenal aplikasi ini. Aplikasi Gojek awalnya adalah aplikasi untuk pemesanan ojek online yang kemudian terus berkembang dan saat ini bisa melakukan beragam pembayaran. Cukup dengan hanya satu aplikasi, kita bisa melakukan beragam hal termasuk pembayaran aplikasi di Google Play Store. Tinggal duduk manis, tidak usah pergi kemana mana, semua urusan berkat GoPay dari Gojek beres. Duu apalagi sekarang lagi Social Distancing, sangat membantu saya, beli beli bayar bayar, kirim kirim pakai GoPay dari Gojek saja. Cashless membuat kita lebih sedikit berinteraksi dengan perpindahan uang dari tangan satu ke tangan lainnya.
 
Pembayaran aplikasi, game atau buku di play store menggunakan GoPay ini cukup simpel. Kita hanya perlu memiliki aplikasi Gojek kemudian aktivasi GoPay.
Cara Aktivasi GoPay di Google Play adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke Google Play Store kemudian klik Metode Pembayaran


 

2. Pilih “Tambahkan GoPay” sebagai metode pembayaran

 
 

 

 3. Klik “Lanjut”

 
 

 4. Masukkan PIN GoPay, Pasang PIN jika belum terpasang
 
 

5. GoPay sudah terpasang sebagai alat pembayaran 
 
 

6. Lakukan pembelian dalam aplikasi / game, dalam Cookpad pilih tombol premium
 
 

7. Pilih GoPay sebagai alat pembayaran dan klik buy
 
 

8. Yeay aplikasi Cookpad premium sudah bisa digunakan
 
Saya pribadi senang saat ini ada pilihan pembayaran melalui GoPay di play store, sangat memudahkan. Cukup dengan GoPay, bisa melakukan beragam transaksi, termasuk pembayaran aplikasi di play store. Apalagi handphone sudah dipakai bersama dengan anak anak, pembelian aplikasi berbayar agar tidak ada iklan yang masuk menjadi penting. Pembayaran aplikasi di play store dengan GoPay suka ada cashback, salah satu hal sederhana yang membuat membuat mamak seperti saya bahagia, hihi. Bisa juga cek promo Google Play menggunakan GoPay di sini
Teman teman sudah mencoba pembayaran aplikasi di play store dengan GoPay ?
Sharing yuk

26 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *