Lifestyle

5 Manfaat Membaca Novel Fiksi

Dear teman, bagaimana kabar? Saat ini saya sedang menyukai membaca novel cinta. Cinta, terkadang membuat hati bahagia terkadang membuat luka. Jatuh cinta membuat hati berbunga-bunga atau kadang membuat kita jatuh ke jurang yang dalam. Cerita denting cinta tak akan lekang oleh masa, membawa beragam makna bagi pemujanya.

 

Novel cinta

 

Saya termasuk penyuka buku, baik fiksi atau non fiksi. Dahulu, saya biasanya meminjam ke perpustakaan untuk membaca buku. Saya menyukai novel cinta dan sejarah. Novel bergenre horor pun saya biasanya membacanya hanya tidak terlalu sering. Menurut saya membaca novel itu untuk healing, jadi jika membaca yang seram-seram itu melelahkan pikiran maupun hati.

Di era digital, buku-buku pun bisa kita lihat melalui gadget. Yup, semudah menjentikan jari. Tidak perlu jauh-jauh harus ke perpustakaan. Cukup duduk di rumah, jutaan buku baik buku fiksi seperti novel cinta atau buku non fiksi bisa kita baca.

Manfaat Membaca Novel Fiksi

Buku merupakan jendela dunia. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca buku termasuk novel fiksi. Menurut wikipedia, novel adalah salah satu genre karya sastra yang berbentuk prosa. Cerita di dalam novel dimulai dengan munculnya persoalan yang dialami oleh tokoh dan diakhiri dengan penyelesaian masalahnya. Kisah di dalam novel merupakan hasil karya imajinasi yang membahas tentang permasalahan kehidupan seseorang atau berbagai tokoh.

Manfaat membaca novel fiksi, diantaranya sebagai berikut

1. Meningkatkan keterampilan berbahasa

Membaca novel dapat meningkatkan keterampilan seseorang dalam berbahasa yang baik dan benar dan meningkatkan beragam kosakata. Selain itu, dengan membaca novel bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam menulis.

 

2. Meningkatkan daya ingat

Dalam sebuah novel biasanya mengandung alur cerita yang kompleks pesan tertentu, konflik, dan plot yang kompleks yang membuat kita berfikir sehingga saraf-saraf otak kita pun bekerja dan membantu memperkuat daya ingat karena bertambahnya kosakata.

 

3. Menurunkan tingkat stres

Teman, pernah sedang suntuk dengan pekerjaan atau kehidupan kemudian membaca novel romantis happy ending ? Rasanya ikut bahagia. Yup, membaca novel dapat membantu menghilangkan atau mengurangi stres dan masalah emosional pada diri kita.

 

4. Memberikan pengetahuan atau informasi baru

Dalam novel fiksi, ada banyak pengetahuan serta wawasan baru yang bisa kita temukan, budaya, sejarah, dan kehidupan manusia. Semuanya bisa memperluas pandangan kita dan membantu dalam mengekspresikan gagasan serta pendapat.

 

5. Melatih kemampuan bersosialisasi dan empati

Jika membaca novel, terdapat karakter yang beragam, yang juga ada dalam kehidupan nyata. Hal tersebut menambah sudut pandang kita dalam memandang orang lain dan dapat meningkatkan empati serta kemampuan bersosialisasi.

 

Tempat Membaca Novel Fiksi

Saat ini membaca novel, selain membeli sendiri di toko buku atau membacanya di perpustakaan, kita bisa membacanya secara online. Bagi saya membaca online sungguh menyenangkan. Kita bisa membaca buku novel sepuasnya tanpa perlu keluar rumah dan mengeluarkan uang banyak. Ibu hemat, hahaha. Alokasi pengeluaran untuk buku bisa kita gunakan untuk keperluan yang lain. Cukup dengan memiliki gadget ada banyak buku novel yang bisa kita baca.

Baca novel gratis

 

Saya baru-baru ini sering membaca novel cinta di GoodDreamer. Jika teman-teman suka novel cinta, bisa membaca di tautan berikut https://gooddreamer.id/novel_romantis. Di GoodDreamer kita bisa membaca berbagai novel asli Indonesia secara gratis. Layaknya cerita kehidupan, ada yang akhir ceritanya sedih atau bahagia. Membaca di GoodDreamer bisa melalui website atau aplikasi yang bisa kita unduh di play store. Saya pribadi lebih menyukai membacanya di website. Senangnya, berkat GoodDreamer kita bisa membaca novel cukup di rumah sambil rebahan atau duduk santai sambil makan cemilan. 

Teman-teman pernah membaca novel di GoodDreamer? Sharing yuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *