cara menaikkan domain authority
Artikel,  Featured Posts,  Lifestyle

7 Cara Cepat Menaikkan Domain Authority


Cara menaikkan domain authority sering menjadi perbincangan para penulis blog atau blogger. Kenapa ? karena angka domain authority tinggi menjadi salah satu acuan tingkat kepercayaan blog kita.. Selama bulan mei ini saya mengikuti kelas Cara Menaikan Domain Authority. Kelas ini dilaksanakan selama satu bulan penuh dalam grup whats app.

 

cara cepat menaikkan domain authority

 

Domain Authority

Teman teman,sudah tahu apa itu Domain Authority? Domain Authority atau DA dikeluarkan oleh MOZ yaitu sebuah ukuran kepercayaan sebuah blog atau web. Nilai tersebut berasal dari rangking pencarian dan pengguna yang melibatkan beragam faktor yang ditentukan oleh MOZ yang nilainya terdiri dari 1 sampai 100. Semakin tinggi nilai Domain Authority maka blog kita dilihat dari tingkat kepercayaan semakin baik. Kita semua pasti mau dong ya domain authority kita naik terus tidak stagnan bahkan kecil. 

 

Kelas Cara Menaikkan Domain Authority

Apakah nilai Domain Authority saya tinggi ? Tentu tidak teman teman hihi. Bersukur saya bisa ikut kelas Cara Menaikan Domain Authority yang diadakan oleh mas irwin dan mas punto. Kelas ini dilaksanakan di grup whatsapp. Terdiri dari 30 orang peserta dan free alias tidak berbayar. Terimakasih coach, semoga menjadi ladang pahala yang dibalas banyak kebaikan olehNYA. 

Saya membuat blog umimami awalnya untuk menulis kegiatan homeschooling anak saya. Menulis bebas, sendiri, tidak bergabung dengan komunitas blogger manapun. Bukannya sombong tapi karena belum tahu dan saya kurang mencari tahu mengenai hal ini. Intinya menulis ya menulis saja. Kemudian ada blogger baik hati sahabat saya teh dedew dan fika yang mengajak saya untuk menulis lebih serius di blog. Dan anggit yang membantu saya membuat blog.  Saya diberitahu bahwa menjadi blogger bisa menjadi pekerjaan di era digital ini. Mulailah saya mencari tahu mengenai menulis blog, komunitas dan lain lain akhir tahun 2018. Pelan pelan saya mencari informasinya, sambil kadang kadang menulis di blog. Sampai akhirnya tahun 2020 saya bertemu teman teman blogger ruang tunggu dan ikut kelas Menaikan Domain Authority Dalam 30 Hari. Hal yang saya pelajari di kelas ini adalah kiat kiat dan teknik menaikkan Domain Authority. 

 

Cara Menaikkan Domain Authority 

1. Pilih platform blogging 

Ada dua platform blogging yang terkenal yaitu blogspot dan wordpress. Awalnya saya menulis di blogspot sampai akhirnya gara gara ikut kelas ini saya pindah platform. Yup setelah dua minggu galau di kelas ini, akhirnya saya pindah ke wordpress. 

Ada beberapa alasan kenapa saya pindah platform blogging, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Saya awam sekali dengan html, di wordpress ada pluggin yang bisa mempermudah jadi kita bisa fokus menulis 

2. Ada beragam tools yang membuat blog kita bisa lebih SEO friendly

3.  Ada beragam free template 

Ketika pindah platform, bagi saya yang awam dengan bahasa pemprograman rasanya tetap saja tidak mudah hihi. Saya tetap harus beradaptasi. Memang betul ya pepatah, bahwa perjuangan itu tidaklah selalu mudah. Tapi yakin saja bahwa hasil tidak akan menghianati usaha. Dengan memilih platform yang tepat dan yang bisa kita kuasai maka itu adalah awal kita bisa menaikkan domain authority.

 

2. Menulis Rutin 

Setelah memiliki tempat untuk menulis, jangan lupa untuk menulis ya. Menulis sesuai tema blog yang sudah kita canangkan dari awal. Misalnya parenting, wisata, lifestyle, kuliner, otomotif dan lain lain.Menulisnya diusahakan rutin ya teman teman. Inipun masih jadi perjuangan untuk saya. Kita sama sama berusaha ya teman teman. Semakin kita rajin menulis dengan keaslian tulisan yang terjaga, maka itu bisa menjadi langkah untuk menaikkan domain authority blog kita.

 

3. Daftarkan blog di Google Analytic ( GA ) 

Google analytic atau GA menurut wikipedia adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Dengan mendaftarkan blog di Google analytic maka kita bisa melihat trafik blog tersebut. Baik dari segi gender, wilayah, page view tiap artikel sampai artikel mana yang banyak dibaca pengunjung. Data tersebut sangat berguna untuk evaluasi blog kita serta bisa membantu untuk menentukan tulisan yang akan kita buat berikutnya. 

 

4. Daftarkan blog di Google Search Console 

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmasters) merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google yang bermanfaat bagi para blogger atau pemilik web untuk meningkatkan keterlihatan blog dan artikel blog di hasil pencarian Google.
Dengan mendaftarkan blog kita di Google Search Console maka kita dapat mendaftarkan setiap artikel blog yang kita buat agar terindex oleh Google.

 

5. SEO On Page dan SEO Of page 

SEO adalah singkatan dari search engine optimization atau optimalisasi blog kita di mesin telusur. Sebuah cara agar blog kita masuk dalam daftar peringkat pencarian di mesin telusur.

SEO ada dua macam yaitu :

1. SEO On Page 

SEO On Page yaitu optimalisasi halaman atau konten blog kita  agar bisa masuk peringkat di mesin pencari. Jadi yang kita optimalisasi adalah blog dan artikel kita
Di kelas Menaikan Domain Authority Dalam 30 Hari saya belajar ada 16 hal yang harus diperhatikan agar artikel kita bisa masuk peringkat ke mesin pencari dan menjadi cara yang cukup penting dipahami dan dipraktekan pada blog kita sehingga domain authority naik.

SEO on page diantaranya adalah 

1. Judul tulisan mengandung keyword dan tidak lebih dari 55 huruf

2. Permalink mengandung keyword dan tidak lebih dari 75 

3. Analisa keyword

4. Optimasi gambar dengan memberi judul dan deskripsi


Lebih detilnya bisa dipelajari di kelas Menaikan Domain Authority Dalam 30 Hari yang teman teman bisa ikuti seperti saya.


2. SEO Of page

SEO Of page adalah cara agar menaikkan peringkat blog kita di mesin pencari dengan menaruh link blog atau artikel kita di website lain yang terpercaya. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan atau nilai Domain Authority blog kita.

 

6. Daftarkan blog di Moz untuk menaikkan Domain Authority

Domain Authority dibuat oleh Moz. Maka jika kita ingin melihat nilai Domain Authority sebaiknya melihat di MOZ. Terkadang pihak ketiga yang menggunakan data MOZ nilainya ada yang berbeda dengan nilai yang diberikan oleh MOZ.
Dengan mendaftarkan blog kita di MOZ kita dapat menganalisa blog serta artikel kita yang selanjutnya bisa nenaikkan Domain Authority


7. Ikut komunitas

Ini tidak kalah pentingnya dalam menaikkan Domain Authority. Di dalam komunitas kita akan bertemu dengan teman teman blogger lainnya. Selain untuk menjalin pertemanan seesama blogger, dengan berkomunitas kita bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru dalam menulis di blog termasuk bagaimana cara menaikkan domain authority. Seperti kelas yang saya ikuti kali ini mengenai bagaimana kiat menaikkan domain authority berawal karena saya bergabung dalam sebuah komunitas. 

Blog saya masih jauh dari sempurna, harus masih banyak belajar, semoga kedepannya semakin baik. Kenapa sih saya begitu bersemangat ikut kelas ini? karena saya berharap, tulisan tulisan saya bisa bermanfaat untuk banyak orang. Jika domain authority makin baik maka peringkat pencarian artikel saya semakin bagus sehingga diharapkan ada semakin banyak yang membaca tulisan saya.

 

Kesan Pesan Kelas Cara Menaikkan Domain Authority

Domain Authority dan bagaimana agar bisa menaikkannya  adalah sesuatu yang tidak saya tahu. Awalnya saya pikir gak terlalu penting, biarlah mengalir. Tetapi setelah ikut kelas ini pandangan saya berubah. Tentu saja tulisan setiap orang adalah unik dan kita menulis untuk dibaca oleh manusia. Hanya kita juga perlu belajar kaidah SEO. Kenapa? agar tulisan kita bisa dibaca oleh lebih banyak orang.

Sesuatu yang tadinya saya sangat tidak paham mulai tercerahkan dengan mengikuti kelas ini. Belajarnya sampai pusing alis berkerut dan rasanya kepala panas hihi. Akhirnya semua terbayar, domain authority saya naik 2 angka dalam waktu belajar selama 30 hari, dimana ketika 2 minggu kelas akan berakhir saya pindah platform.

Semoga kelas menaikkan domain authority tidak dibubarkan agar bisa bisa menjadi salah satu wadah diskusi. Terimakasih coach untuk segala ilmunya. Kelas gratis dengan guru super sabar yang isinya salah satunya saya emak yang buta SEO. Bersukur bisa ikut bergabung di kelas ini.

Kalau teman teman teman bagaimana dengan blog nya? Semoga tetap semangat menulis dan domain authoritynya baik.

Sharing yuks bagaimana cara menaikkan domain authority blog teman teman

17 Comments

  • Efi Fitriyyah

    PR banget buatku nih untuk konsisten posting di blog. Ide pasti banyak, menggalinya itu perlu komitmen hahaha… Dan abis baca postingan ini aku jadi pengen cekin DA terakhirku *padahal ga rajin mulis*

  • Ophi Ziadah

    Pilihan utk pindah ke WP ini terus terang yg paling berat buat aku mba..
    Dr dulu tergoda utk migrasi tp akhirnya tetep setia di blogspot karena khawatir ga cukup waktu buat maintain WP

  • Dedew

    Domain authority ini memang ruwet hihi tiga blogku pernah tinggi DA nya, dan mendadak kejadian dua blog melorot huhu sedih sih..ngaruh ke job juga soalnya, sekarang berusaha tingkatkan lagi tapi sambil santuy hehe..susah naiknya..

  • Elly Nurul

    Wah.. langkah pertamanya pindah dari BP ke WP itu masih berat nih hehe.. entahlah masih belum berani nih pindah.. masih maju mundur cantik hehe.. memang banyak yang bilang sih kalo WP itu cepet naikain DA.. mmm, semoga saya diberikan kekuatan dan kemudahan pindah ke WP ya mbak

  • Nurul Sufitri

    Dulu aku pernah mencapai DA 23 dan PV GA sampai 34K. Memang waktu itu lagi rajin nulias sebulan bisa 7 judul apalagi panjang lebar tulisannya dan berbobot. Sekarang lagi menurun cuma 19 DA nya, memang sih paling 4 judul aja sebulan karena banyak urusan domestik dkk hihihihi. Nanti kalau urusan PPDB online anak2ku kelar mau aku genjot lagi biar keren.

  • Sulis

    Sama mba…aku dulu ngeblognya juga sebatas kayak diary digital gitu.. trus diajak in temen untuk lebih serius ngeblog.

    DA? Hi..hi, masih dibawah 20 aku.. kemarin ikut kelas SEO juga..tapi ini malah lama ga update.

  • Ririe Khayan

    Alhamdulillah, saya bisa ikut menimba ilmu menaikkan DA nya dari postingan ini. Khususnya untuk SEO on Page, yang selama ini saya terapkan belum memperhatikan batasan jumlah karakter (huruf). masih asal-asal ngasil title seperti judul artikel.

    BTw, TFS bangettt ya Mbak. Sudah ikut daftar kelas ini, semoga bisa keangkut di kelas berikutnya, aamiin

  • lendyagasshi

    Setelah ikutan BW dan saling meninggalkan jejak, maka nilai PA naik tajam.
    Kalau DA naik, paling terasa ketika mengikuti challenge menulis. Jadi selalu ada jadwal rutin publish blogpost.

  • Ira duniabiza

    Kelas yang sangat bermanfaat ya mba jadi dapat ilmu kece dan base on practice pula.. wah iya baca postingan ini jadi diingatkan untuk rutin menulis lagi biar da bisa melesat lagi.. hup hupp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *